12.10.2018

Mukjizat Doa Nabi Yunus as untuk Mengatasi Kesulitan Paling Berat & Keluar dari 3 Kegelapan

Teman2 pernah mendengar tausiyah dari Ustadz tentang doa Nabi Yunus as? Doa ini begitu familiar dimana hikmahnya sangat dalam. Yaitu menjadi asbab mengatasi kesulitan paling berat sekalipun. Kesulitan diatas kesulitan.

Nah kali ini saya mau share Mukjizat Doa Nabi Yunus as untuk Mengatasi Kesulitan Paling Berat & Keluar dari 3 Kegelapan yang bersumber disini. Judul aslinya Doa Nabi Yunus untuk setiap kesulitan anda



Mukjizat Doa Nabi Yunus as untuk Mengatasi Kesulitan Paling Berat & Keluar dari 3 Kegelapan

Berikut pembahasan tentang Mukjizat Doa Nabi Yunus as untuk Mengatasi Kesulitan Paling Berat & Keluar dari 3 Kegelapan. Dalam sumber tersebut dikisahkan sbb;


Pak, bulan-bulan kemaren saya adalah detik-detik terakhir saya ujian skripsi bertepatan dengan bulan ramadhan, makanya saya habis-habisan berdoa di bulan ramadhan tersebut, bersedekah, shalat hajat agar diberi kelulusan dan bisa wisuda. Tapi takdir berkata lain, saya dan 2 temanku yang lain tidak lulus ujian skripsi dan tidak bisa mengulangi lagi, karena semester saya sudah mentok terakhir. Tapi sampai sekarang ini ortuku belum tahu kalau saya tidak lulus. Saya malu sama mereka. Kira-kira apa penyebabnya sampai-sampai doa saya tidak terkabul di bulan ramadhan? Apakah ada amalan khusus agar bisa menyelesaikan problem saya.... Jay

Jawab: Hmm berat ya? Tidak lulus dan malu sama orang tua. Bukan hanya malu tapi lebih dari itu, perasaan serba bersalah yang luar biasa. Keringat mereka dibalas dengan kekecewaan... Tetapi sebagai orang tua akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk setiap anak-anaknya.

Jika mereka marah, itu sudah wajar, namun itu semua tidak mengurangi perasaan seorang ayah/ibu kepada anaknya.

Saya mau sedikit cerita tentang kisah Nabi Yunus dan Kisah Firaun
Masih ingat tentang kisah Raja Firaun yang menyombongkan diri? Dan terus saja menyombongkan diri sampai kemudian Allah swt menenggelamkannya di dalam lautan.

Allah swt Berfirman;

Hingga bila Fir’aun itu hampir tenggelam berkatalah dia: ”Saya percaya bahwa tidak ada Ilah melainkan yang dipercayai oleh Bani Israil, dan saya termasuk orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)”.
Apakah sekarang (baru kamu percaya), padahal sesungguhnya kamu telah durhaka sejak dahulu, dan kamu termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan. (QS Yunus 90 dan 91)

Firaun beriman pada saat-saat terakhir dan berdoa seraya bertaubat dengan maksud agar Allah selamatkan dirinya. Namun doa dan taubat firaun di tolak Allah swt. Kenapa? Karena dari dulu Firaun selalu menyombongkan diri.

Renungkan satu lagi Firman Allah dalam surat Al Mukmin 84-85

Maka tatkala mereka melihat azab Kami, mereka berkata: "Kami beriman hanya kepada Allah saja, dan kami kafir kepada sembahan-sembahan yang telah kami persekutukan dengan Allah".
Maka iman mereka tiada berguna bagi mereka tatkala mereka telah melihat siksa Kami. Itulah sunnah Allah yang telah berlaku terhadap hamba-hamba-Nya. Dan di waktu itu binasalah orang-orang kafir.  (QS Al Mukmin 84-85)

Kisah Nabi Yunus

Masih ingat kisah Nabi Yunus tatkala di dalam perut ikan hiu? Nabi Yunus as ditelan ikan hiu karena meninggalkan dakwah kepada kaumnya dengan rasa marah dan tidak mau kembali lagi kepada kaumnya

Kemudian Allah swt memerintahkan ikan tersebut melemparkannya ke tanah yang tandus.  Nabi Yunus as keluar dari perut ikan seperti anak burung yang keluar dari sebutir telur, betul-betul dalam keadaan sangat lemah. Allah swt mengasihani beliau dengan menumbuhkan untuknya sebuah pohon dari jenis labu, dan menaunginya hingga menjadi kuat.

"Dan (ingatlah) kisah Dzun Nun (Yunus) ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya atau menyulitkannya, maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: Bahwa tidak ada tuhan (yang berhak di sembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim. Maka Kami telah memperkenankan do'anya dan menyelamatkannya daripada kedukaan. Dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman." (QS. al Anbiyaa: 87-88)
“Maka kalau sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah. Niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit.” (Ash-Shaffat: 143-144)

Seorang hamba apabila dia memiliki hubungan yang baik dengan Rabb-nya, di mana dia selalu beramal shalih ketika dia dalam keadaan senang, Allah  tentu mensyukuri amalnya dan mengingatnya pula ketika dia dalam keadaan kesulitan, yakni dengan melepaskannya dari kesulitan itu atau meringankan keadaannya.

Artinya jikalau sebelumnya kita banyak-banyak mengingat Allah dengan menjalankan sariatnya serta banyak melakukan kebaikan, maka sunnatullah ketika kita mendapatkan kesulitan maka Allah berkenan memberikan pertolongan. Pun doa kita pada saat kesulitan akan mustajab dengan catatan kita adalah orang-orang yang selalu berbuat kebaikan

Kembali ke laptop. Saya tidak hendak membandingkan problem anda dengan contoh kasus diatas karena anda sendiri yang tahu. Kisah diatas barangkali bisa dijadikan sarana untuk instrospeksi diri.

Semua sudah terjadi, hadapilah... Jika ada yang bisa diusahakan untuk terakhir kali cobalah. Minta dosen anda untuk memberikan kesempatan terakhir..

Jika memang tidak ada lagi kesempatan maka beritahu orang tua anda dengan baik-baik. Namun pastikan waktunya tepat, supaya orang tua anda tidak terlalu kecewa. Hadapi masalah anda dengan gagah...

Jika anda tidak mampu karena takut sangat mengecewakan orang tua, mulai sekarang tekadkan diri anda untuk bisa sukses dan membahagiakan mereka. Bukankah kuliah adalah sarana untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik? Maka anda harus bertekad bahwa anda bisa sukses dan berhasil meski tanpa lembaran ijazah sarjana. Anda pasti bisa.. Ingat Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, Dia Maha Kaya dan Mengayakan..

Jika anda menanyakan amalan apa yang bisa menyelesaikan problem anda, cobalah sering berzikir dan berdoa seperti doa Nabi Yunus ketika berada di kegelapan dalam perut ikan.

......................laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu mina alzhzhaalimiina

Doa dimulai dari laa ilaaha illaa anta subhaanaka inni kuntu minadzaalimiin

Zikirkan sesering mungkin terutama habis isya dan subuh. Hayati artinya dan hayati juga kisah yang ada dalam ayat ini yakni tentang doa Nabi Yunus diatas.

Semoga anda mendapatkan solusi yang terbaik, umpamanya mendapatkan kesempatan ke 2 untuk ujian skripsi lagi, atau kalaupun tidak anda akan mendapatkan solusi lainnya. Allah Yang Maha Tahu apa yang terbaik untuk anda.

-----------------------

Nah demikian tadi Mukjizat Doa Nabi Yunus as untuk Mengatasi Kesulitan Paling Berat & Keluar dari 3 Kegelapan. Judul aslinya adalah Doa Nabi Yunus untuk setiap kesulitan anda

Doa kami dan pembaca semua semoga masalah anda lekas teratasi. Amin. Wallaahu A'lam

Share ya?



No comments:

Post a Comment

Keikhlasan yang Pudar, Serial Talbis Tipuan Iblis

Hati yang ikhlas itu ditakuti iblis. Sementara ketika keikhlasan itu pudar maka makin lemahlah sang manusia sehingga mudah dikuasai iblis. Y...